SBY Pastikan Hasil Pansus Century Tak Dimanipulasi

17.37 by
Presiden SBYPemeriksaan dan angket Bank Century masih terus dibahas di Pansus Angket Century. Pansus yang terdiri dari perwakilan sejumlah fraksi di DPR tersebut diharapkan mendapatkan keputusan awal Februari 2010. Bagaimana sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono?

“Saya tidak mungkin menjawab hipotesa. Bagaimana kalau pansus ini kesimpulannya A atau kesimpulannya B atau kesimpulannya C. yang jelas kami bersepakat tadi (kalau) ada masalah apapun, penyelesaiannya dikembalikan dalam kerangka Undang-Undang Dasar, pada Undang-Undang, dan aturan yang berlaku di situ,” kata Presiden di Istana Bogor usai bertemu dengan pimpinan lembaga tinggi negara.
Dalam pertemuan tersebut dihadiri Ketua MPR Taufik Kiemas, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPR Irman Gusman, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Purnomo.

SBY memastikan, dalam pertemuan itu tidak membahas sejumlah kesepakatan atas hasil Pansus Angket Century.

“Tidak ada mencocok-cocokkan sikap, tidak ada membangun kesepakatan di antara kami. Solusinya seperti ini dan hasilnya seperti ini. Tidak ada. Tetapi yang jelas ini dari saya sendiri,” tegasnya.

“Selaku Presiden, saya katakan berkali-kali bahwa angket terhadap kasus Bank Century ini agar dijaga arah, tujuan, dan konteksnya yang benar. Tidak diharapkan ada komplikasi lain, karena kita ingin menegakkan aturan yang benar di negeri ini,” lanjutnya.

“Oleh karena itu, arah itulah yang sebenarnya kita tuju. Kemudian kalau itu menyangkut kebijakan silakan, dalam hal ini silakan yang dimintai keterangannya menjelaskan tentang seluk beluk, tentang situasi, tentang dasar, dan pertimbangan kebijakan itu,” tandasnya.

0 komentar: